5 Alasan Wanita Susah Mendapatkan Jodoh Idaman

5 Alasan Wanita Susah Mendapatkan Jodoh Idaman

Memiliki jodoh idaman atau tidak, sebenarnya bukanlah hal yang besar. Ada sebagian orang yang merasa mandiri tanpa harus ada pasangan, namun tak sedikit juga yang merasa desperate ketika tidak memilikinya.

Bagi sebagian laki-laki, melajang hingga usia 30 masih biasa. Namun sialnya, norma di masyarakat biasanya mengganggap wanita yang masih melajang hingga usia segitu atau lebih, bukanlah hal wajar.

Meski sebagian wanita memiliki standar berbeda, tak sedikit juga yang merasa ketar-ketir ketika usia sudah melewati 25 tahun.

Pertanyaan ‘kapan’ akan jadi makanan rutin, entah dari orang tua, teman, sanak keluarga, hingga tetangga.

Jika wanita masih kesusahan mendapatkan jodoh, mungkin perlu dilihat lagi apa yang salah. Berikut kami rangkum beberapa alasan wanita susah mendapatkan jodoh.

5 Alasan Wanita Susah Mendapatkan Jodoh Idaman

1. Kurang Bergaul

wanita yang sulit mendapatkan jodoh

Berbagai kesibukan yang kamu lakukan, biasanya akan memakan banyak fokus dan tenaga sehingga kegiatan lain seperti bergaul makin terbengkalai, apalagi bagi kamu wanita yang workaholic.

Kesibukan di tempat kerja, lalu pulang hanya untuk istirahat tanpa kongkow dengan teman menyebabkan semakin sedikit bertemu orang baru.

Terlebih ketika semakin dewasa, circle pertemanan kita cenderung semakin sedikit.

Teman atau kenalan satu persatu menghilang, tidak sebanding dengan kenalan baru yang datang.

Apalagi jika kamu lebih banyak menghabiskan waktu dan fokus untuk kerja tanpa bergaul, sudah tentu kesempatan mengenal orang baru semakin berkurang.

Karena bisa saja, jodoh kamu adalah satu dari sekian banyak kenalan yang harusnya kamu temui.

2. Terlalu Mandiri

Menjadi mandiri baik secara finansial maupun psikis memanglah hal baik, banyak wanita yang mandiri dan memiliki rumah tangga yang harmonis.

Ada juga sebagian yang mandiri dan tetap bahagia tanpa berkeluarga, namun ada juga yang mandiri namun merasa kesepian karena tidak sulit menemukan jodoh.

Dari studi John Gray, Ph. D., beliau menerangkan dalam bukunya Beyond Mars and Venus bahwa ketika seorang wanita menjadi lebih berpendidikan dan mandiri dalam finansial, maka ia cenderung mengalami risiko lajang atau bercerai dan kemudian berimbas pada tingkat stress.

Namun meski begitu, Gray tidak memukul rata bahwa semua kasus akan mengalami hal begitu. Ada banyak kasus juga yang menunjukkan hasil sebaliknya.

Namun menurut Gray, masalahnya bukanlah di pendidikan dan mandiri finansial, tapi perubahan-perubahan yang terjadi di era modern ini dan kebutuhan-kebutuhan baru yang ikut menyesuaikan.

3. Terlalu Pemilih

wanita yang sulit mendapatkan jodoh

Memang sudah sewajarnya kita memilah dan menyeleksi calon pasangan yang akan menjadi pendamping kita. Namun menjadi terlalu pemilih bukanlah hal baik.

Sebagai wanita mungkin akan banyak didekati oleh laki-laki dengan berbagai tipe, dan kamu sah saja untuk memilahnya.

Biasanya wanita akan langsung mencoret laki-laki yang tidak disukai atau tidak sesuai dengan tipenya dari daftar dengan cara menunjukkan sikap tidak suka, tidak membalas pesan, hingga menyatakan terang-terangan untuk jangan mendekati lagi.

Tapi kita perlu ingat, tidak ada manusia sempurna, baik laki-laki ataupun perempuan.

Begitupun dengan orang yang mencoba mendekatimu. Jadi cobalah untuk lebih realistis dalam menetapkan kriteria pasangan idamanmu. Apalagi kondisi ini bisa diperparah dengan poin selanjutnya.

4. Terlalu Jual Mahal

Masih banyak juga wanita yang merasa harus jual mahal agar diperjuangkan oleh laki-laki idaman, hal ini sebenarnya sudah usang. Namun bukan berarti kamu harus jual murah. Ingat, berlakulah sewajarnya.

Laki-laki kadang ingin fokus di karir dan kehidupan sosialnya, namun ketika dia ingin mendekati wanita yang terlalu jual mahal maka laki-laki itu biasanya akan memilih mundur. Tentu kesempatan untuk menemukan jodoh semakin berkurang.

5. Memang Belum Waktunya

Jika kamu tidak termasuk empat tipe diatas, mungkin memang belum waktunya kamu menemukan jodoh.

Entah karena kamu tidak sadar bahwa jodoh yang disiapkan untukmu di depan mata, atau memang waktunya belum pas.

Bersabar saja, banyak berdoa dan menjalin relasi dengan orang baru. Mungkin satu diantaranya kelak menjadi jodohmu.